My Task

Selasa, 16 Mei 2017

Mak..aku berubah ya

                                                                                                        
 Palembang,  Mei 2017


Percakapan via telpon kala itu pukul 10.00 WIB pagi..
“Aku berubah ya mak”
“berubah gimana nak” suara lembut mamak tetap tenang meski ku tahu itu penuh tanya.
“yaa berubah lebih baik gitu mak, maksudnya sholatnya, prilakunya, sama penampilan juga” aku menjelaskan sama mamak maksud hati.
“kan dari dulu udah mamak bilang, kenapa malah baru sekarang, tirulah uni mu, dia gak pernah pakek celana selalu pakai baju panjang, jilbab panjang gak pacaran pula”
Jlebb…..tapi memang nasehat itu sudah sangat akrab di telingaku, setiap kali telponan sama mamak, nasehat terakhirnya selalu begini “jaga sholat mu, apalagi subuh, jangan lagi pakai celana ketat itu, tirulah uni mu…dan bla bla”
Namun nasehat mamak kali ini masuk semasuk-masuknya ke dalam hati ini kalo sebelumnya masuk telinga kanan keluar telinga kiri.
“jadi sekarang udah mulai jilbab panjang?” Tanya mamak lagi
“belum sih mak” jawab ku lemah
Kebiasaan ku memang sebelum benar-benar berubah udah ngumbar duluan sama keluarga.
“yaudah mulailah mau kapan lagi, umurmu udah tua juga, apa kamu gak mau mencicipi surga?” serbu mamak lagi.
Dan mulai lah aku dan mamak bercerita tentang dunia sekarang, islam sekarang, zaman yang udah kacau, kekacauan dunia zaman sekarang, pembunuhan dan banyak macam lagi..
“setiap ada berita di Tv kasus pembunuhan, pembantaian, mamak selalu matiin Tv karna gak tahan liat berita seperti itu” curhat mamak.
Aku cekikikan….
“apalgi kalo ingat anak-anak mamak semuanya di rantau orang, hati hati lah kalian disana ya, baik baik jaga diri, itulah kuncinya taat sama Allah biar kalian di jaga” nasehat mamak lagi kali ini dengan nada cemas campur sedih.
Kalo di pikir-pikir sudah hampir 8 tahun aku merantau jauh dari rumah, 3 tahun SMA diluar kota dan 4,5 tahun kuliah sampai sekarang kerja pun di rantau orang.  Kangen sih mak tapi demi cita-cita mamak sabar yaa.. .jaga kesehatan panjang umur sama ayah tunggu aku pulang…. T_T
“cita-cita  mamak kalian semua jadi anak-anak yang sholeh dan sholehah, terutama kamu mulai lah berubah, tirulah uni mu” ujar mamak lagi
“iyaa makk, insyallah doain aku terus ya mak, semoga aku bisa menuhi cita-cita mamak, oyaaa makk krim rendang dong, rinduuu rendang udang mamak”
“yaudah…. Insyallah besok mamak suruh ayah antar ke tiki, jangan lupa sms kan alamat kosan baru mu”
Ahhh.. mamak terbaik sepanjang masa….
Love u makku sayang
btw buat uni ku tersayang mamak pengen aku seperti mu.. Bismillah..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar